Welcome to Blogster!
737,935 Blogster Users  |  364,642 Posts
 
 
 

firsonigosa

 

Blog Traffic: 27891

Posts: 6

My Comments: 0

User Comments: 8

Photos: 1

Friends: 0

Following: 0

Followers: 0

Points: 102

Last Online: 1010 days ago


 
 

Visitors

No Recent Visitors
 

Merenovasi Rumah Type 21/60

Added: Sunday, September 9th 2007 at 8:10pm by firsonigosa
Related Tags: garden, home
 
 
 

Dengan mahalnya harga property sekarang ini, sangat bijak sekali bagi kita mengetahui cara mengeluarkan uang dengan tepat. Sebab bila salah dalam manajemen perencanaan belanja akan menyebabkan penyesalan dikemudian hari.

Pengambilan keputusan soal pengeluaran untuk keperluan perumahan misalnya, tiap orang mempunyai perbedaan dalam visi dan kepuasan. Lalu bagaimana kalau kita cuma mendapatkan hasil yang pas-pasan saja tiap bulannya? Apa tindakan yang harus dilakukan untuk soal perumahan ini?

Ada beberapa kategori, dalam hal pembelian rumah, yaitu:

1. Beli rumah baru dengan cicilan bulanan (kredit)

2. Beli rumah lama yang belum direnovasi

3. Beli rumah lama yang sudah direnovasi

Untuk keperluan 1, sebaiknya anda menghitung uang belanja anda dan biaya cicilan kredit rumah bulanan (setelah bayar dp tentunya) kemudian dibandingkan penghasilan anda. Dari sini anda dapat membuat keputusan rumah type apa yang akan dibeli. Tentunya pertimbangan lainnya juga dipenuhi seperti; lokasi rumah, transportasi ke kantor, fasilitas yang dipunyai, sekolah anak nantinya, lokasi mall atau pasar terdekat, juga keamanannya.

Untuk keperluan 2, mungkin and asudah punya seditkit uang, maka belilah rumah yang nantinya tidak repot dalam renovasinya, maksudnya rumah yang belum dirombak atau di tingkatkan, sehingga anda masih sempat dapat merencanakan renovasi sesuai selera. (Tentu saja kalau nanti sudah punya uang). Jangan beli rumah yang sudah ditingkat, apalagi tingkatnya terlalu rendah, jadi tidak bisa direhab, bila jalan raya ditinggikan nantinya. Untuk membongkar "dak" tersebut perlu biaya besar lho. Lebih baik anda beli rumah, walaupun masih asli atau jelek kelihatannya tapi belum direnovasi, sehingga anda bisa leluasa mencurahkan ide keluarga anda untuk rumah tersebut nantinya.

Untuk keperluan 3, anda harus ekstra hati-hati. Rundingkan dulu dengan seluruh keluarga, mengenai model, ketinggian, jumlah kamar, kamar mandi dsb kepada seluruh anggota keluarga. INgat rumah anda adalah istana anda dan keluarga !. Mengenai model kusen dan pintu atau jendela bisa diganti kemudian hari, yang terpenting adalah model tata ruang rumah apakah sesuai dengan selera? Satu lagi adalah konstruksi beton atau besi yang dipakai sesuai bestek apa tidak? kalau anda beli rumah tingkat dengan besi kecil, berbahaya...!

(Contoh gambar rumah ku setelah direhab type 21/LT 60 M2)

Tips dalam renovasi rumah (type 21 misalnya),

1. Jangan pernah merenovasi rumah type 21 sampai ke pinggir jalan, hal ini selain melanggar aturan yang ada juga membuat rumah menjadi sarang tikus yang gelap, sumpek, gerah, dan bau serta jadi sumber penyakit. Bagaimana-pun halaman itu penting, selain sebagai sumber udara segar, juga sinar matahari jadi banyak masuk rumah, serta anak-anak gak main langsung dijalanan.
2. Jangan meninggikan rumah tanpa melihat kualitas fondasinya (Berbahaya)
3. Membuat halaman langsung dibeton semua, akan menyebabkan air tidak masuk ke dalam tanah, sehingga jadi banjir dan kering pada musim kemarau.
4. Jangan tutup semua bagian belakang rumah sampai batas pagar, sehingga tidak ada peluang udara masuk dari belakang. Buat sedikit tempat di bagian belakang untuk masuknya udara, sehingga sirkulasi udara jadi teratur.
5. Buat jendela ditiap kamar, sehingga kamar jadi sehat dan tidak sumpek.     6. Mengganti jaringan kabel listrik yang lama. Kabel listrik pengembang biasanya tidak akan awet sampai 5 tahun, jadi sebaiknya diganti dengan jaringan baru, untuk menghindari kebakaran!

Intinya mengembangkan rumah type 21 cukup sulit, dibandingkan yang lebih besar, karena luas tanah yang dipunyai sekitar 60-72 m2. Sehingga pengembangan diharapkan dengan meningkatkan menjadi bertingkat 2 dimana ruang bawah hanya dengan 1 kamar tidur, dan diatas, terserah anda. Tetapi perlu diingat untuk lantai bawah, diusahakan supaya bagian belakang tidak tertutup semuanya, sehingga ada sinar matahari dan udara bisa masuk ke lantai bawah.

good luck !

(kesehatan itu lebih murah dari penyakit)

User Comments

Post A Comment