Welcome to Blogster!
705,564 Blogster Users  |  364,642 Posts
 
 
 

artbloggue

 

Blog Traffic: 349892

Posts: 29

My Comments: 41

User Comments: 144

Photos: 41

Friends: 1

Following: 0

Followers: 0

Points: 472

Last Online: 1437 days ago


 
 

Visitors

No Recent Visitors
 

Pengertian dan Latar Belakang Seni Ornamen.

Added: Thursday, January 31st 2008 at 1:05am by artbloggue
Related Tags: art
 
 
 
Pendahuluan
Bangsa Indonesia terdiri banyak suku bangsa yang tersebar dari sabang sampai merauke, terdiri dari berbagai daerah dan suku-suku yang hamper pada setiap daerah tersebut mewariskan hasil-hasil karyanya berupa kesenian yang besar dan meyakinkan. Hasil kesenian tersebut ternyata hingga saat sekarang masih hidup dan terpelihara. Kenyataan memberi harapan tentang kelangsungan hidup seni-seni tradisi yang memiliki nilai-nilai tinggi dan adhiluhung dengan berbagai variasinya, serta semakin besarnya perhatian masyarakat dan pemerintah dalam mengelola masalah tersebut. Atas dasar tersebut amat disayangkan apabila kesenian yang demikian itu sampai mengalami kepunahan karena adanya arus globalisasi dengan masuknya budaya barat ke Indonesia, untuk itu sudah sewajarnya kita bangsa Indonesia dan para generasi mudanya ikut andil dalam melestarikan sekaligus mengembangkan seni budaya yang kita miliki.Sebagaimanayang kita ketahui bahwa cabang kesenian tradisi yang ada di Indonesia meliputi Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa, Seni Suara, Seni Sastra, dsb. Dalam bidang Seni Rupa pun masih terbagi-bagi lagi menjadi bermacam-macam jenisnya, dan salah satunya adalah seni ornamen, ornamen merupakan salah satu unsur dari cabang seni rupa yang tidak kalah pentingnya dalam memenuhi tuntutan jiwani. Sudah menjadi pemahaman umum bahwa ornamen memiliki peran yang sangat besar, hal ini dapat di lihat melalui penerapannya di berbagai hal, meliputi segala aspek kehidupan manusia baik bersifat jasmaniah maupun rohaniah. Seperti misalnya penerapannya pada alat-alat upacara, alat berburu, angkutan, rumah-rumah adat, alat pertanian, souvenir, dsb. Ornamen merupakan salah satu unsur seni rupa yang sudah selayaknya mendapat perhatian besar dari masyarakat luas demi terjaga kelestariannya.
Pengertian Ornamen Cakupannya.    
      Banyak para ahli berpendapat bahwa, perkataan ornamen berasal dari kata Ornare (bahasa Latin) yang berarti menghiasi, dalam Ensiklopedia Indonesia, ornamen dijelaskan  sebagai setiap hiasan bergaya geometrik atau yang lainnya; ornamen dibuat pada suatu bentuk dasar dari hasil kerajinan tangan ( perabot , pakaian, dsb) dan arsitektur.Ornamen merupakan  komponen produk seni yang ditambahkan atau sengaja di buat untuk tujuan sebagai hiasan. Di samping tugasnya sebagai penghias secara implisit menyangkut segi-segi keindahaan, misalnya untuk menambah keindaahan suatu barang sehingga lebih bagus dan menarik, di samping itu dalam ornamen sering ditemukan pula nilai-nilai simbolik atau maksud-maksud tertentu yang ada hubungannya dengan pandangan hidup ( falsafah hidup ) dari manusia atau masyarakat pembuatnya, sehingga benda-bendayangditerapinya memiliki arti dan makna yang mendalam, dengan disertai harapan-harapan yang tertentu pula.     Pada perkembangan-perkembangan lebih lanjut, pemanfaatan ornamen di samping memiliki maksud-maksud tertentu dan pada waktu yang lebih kekinian ( saat sekarang ) banyak penekannya hanya sekedar sebagai penghias saja, dengan demikian ornamen betul-betul merupakan komponen produk seni yang di tambahkan atau sengaja di buat  untuk tujuan sebagai hiasan semata. Dengan demikian jelas bahwa tugas dan fungsi ornament adalah sebagai penghias suatu objek, dan apabila ornamen tersebut di letakkan atau diterapkan pada benda lain akan memiliki nilai tambah pada benda tersebut. Apakah akan menambah indah, antik, angker, cantik, dan atau predikat yang lain lagi. Tentunya dalam cakupan yang sesuai dengan bagaimana dan di mana suatu ornamen harus di gunakan. Ternyata pengertiannya tidak semudah itu,sebabdalam ornamen menyangkut masalah-masalah lain yang lebih kompleks dan luas. Karena dalam hubungannya perlu diuraikan tentang motif, atau tema maupun pola-pola yang di kenakan pada benda-benda seni, bangunan, dan pada permukaan apa saja tanpa memandang kepentingannya bagi struktur dan fungsinya.Selanjutnya apabila diteliti lebih mendalam dari pembahasan di atas, cakupan ornamen menjadi sangat luas. Karena sesuatu yang mempunyai tugas menghiasi serta menambah nilai dari benda yang ditempatinya berarti disebut sebagai ornamen. Pengertian ini akan lebih menyulitkan dalam memahami apabila ingin mengembangkannya, dan tidaklah sepenuhnya pengertian ornamen tidaklah demikian, sebab ornamen memiliki ciri, sifat dan karakter yang sangat khusus. Sehubungan dengan itu, coba kita bandingkan persoalan-persoalan berikut ini dalam sebuah kelompok ornamen, sebuah patung yang berdiri sendiri bisa berubah menjadi suatu unit bila di letakkan di taman kotaatauditempatkan pada pintu-pintu masuk gedung/bangunan. Begitu juga seandainya sebuah lukisan yang di pasang pada dinding suatu ruangan/ruang tamu beserta mebel-mebelnya yang begitu serasi, membuat suasana ruangan tersebut menjadi lebih menarik dan indah. Dari uraian di atas jelas fungsi patung, lukisan serta mebel-mebel adalah sebagai hiasan pada taman kota, ruang tamu, maupun pintu gerbang, jadi dengan demikian patung, lukisan, patung dan mebel tadi dapat diartikan sebagai ornamen dari taman Kota, ruang tamu maupun pintu gerbang tersebut. Namun perlu di ketahui bahwa hal yang demikian itu bukanlah yang di maksud dengan ornamen sesungguhnya, sebagai mana yang saya maksudkan. Contoh lain, ada sebuah mebel yang di dalamnya terdapat ukiran-ukiran yang melilit-lilit ke seluruh bagian mebel, atau ukirannya hanya pada beberapa bagian saja. Dalam kasus ini mudah dijelaskan kedudukan ukiran tadi, yaitu sebagai hiasan atau ornamen dari mebel tersebut. Sejalan dengan itu, adalah samapersoalannyabila gelang, kalung, liontin di anggap sebagai ornamen dari orang yang memakainya, padahal di sisi lain benda-benda perhiasan tersebut juga terdapat ornamen yang menghiasinya.Pengertian di atas agak cukup menyulitkan dalam menarik kesimpulan yang memadai, terlebih lagi apabila dikaitkan dengan penertian dekorasi. Sebab arti dari dekorasi juga menghiasi, sekalipun demikian dapat di pahami bahwa pada umumnya pengertian ornamen dengan dekorasi dalam banyak hal terdapat kesamaan, namun tetap saja ada perbedaan-perbedaan yang signifikan, karena dekorasi dalam banyak hal lebih menekankan pada penerapan-penerapan yang bersifat khusus, misalnya dekorasi interior, dekorasi panggung. Dalam menanggapi masalah itu, barangkali akan menjadi lebih terbuka pemikiran kita apabila menyadari bahwa ornamen dapat menjadi elemen  atau unsur dekorasi, tetapi tidak untuk sebaliknya ( dekorasi sebagai unsur ornamen ). Oleh sebab itu pengertianornamentakan bergantung dari sudut mana kita melihatnya, dan setiap orang bebas menarik kesimpulan menurut sudut pandangnya.  
Motif dan Pola
Kalau membahas tentang ornamen kita tidak terlepas dari pola dan motif karena pola dan motif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ornamen. Pola dalam bahasa Inggris di sebut “pattern”, H.W. Fowler dan F.G Fowler pola disebut “decorative”design as executed on carpet, wall paper, clots etc”, sedangkan Herbert Read menjelaskan pola sebagai penyebaran garis dan warna dalam suatu bentuk ulangan tertentu. Mungkin masih sulit gambaran kita tentang pola apabila belum mengerti motif. Dalam ensiklopedia Indonesia, di jelaskan bahwa motiflah yang menjadi pangkal tema dari suatu buah kesenian. Sejalan daripendapat di atas kalau di gambarkan, apabila ada garis lengkung ( hanya sebagai contoh) maka garis tersebut disebut sebagai motif, yaitu motif garis lengkung, kalau garis lengkung tadi diulang
secara simetris, maka akan diperoleh gambar lain yaitu gambar ke dua, merupakan sebuah pola ysng di dapat dengan menggunakanmotif garis lengkung tadi, selanjutnya apabila gambar ke dua tadi motif dan di ulang-ulang menjadi gambar ke tiga, maka gambar tersebut dapat di sebut sebagai pola atas motif yang ke dua tadi, demikian seterusnya. Jadi dari satu jenis motif betapapun sederhananya, sebagaimana garis lengkung yang dijadikan contoh tadi, setelah mengalami pengulangan dapatlah diperoleh sebuah pola, bahkan tidak hanya sebuah saja, tetapi akan bergantung pada kemungkinan kreativitas seseorang dalam merangkainya. Selanjutnya apabila pola yang telah diperolehnya tadi diterapkan atau dijadikan hiasan pada suatu benda, misalnya dengan jalan di ukir ( contoh: pada sebuah kursi ), maka kedudukan pola tadi ialah sebagai ornament dari kursi tersebut.Sampai di sini jelaslah bahwa motiflah yang menjadipangkal atau pokok dari suatu pola, di mana setelah motif itu mengalami proses penyusunan dan dibuat secara berulang-ulang akan diperoleh sebuah pola. Kemudian setelah pola tadiditerapkan pada benda lain maka jadilah suatu ornamen.                        

User Comments

saya mahasiswa senirupa uns yang sedang mengerjakan TA lau mencari tau tentang apa pengertian ragam hias, serta apakah ada motif ragam hias yang berkarakter wajah manusia karna saya mengambik sumber inspirasi dari hal tersebut. saya anglatan 2001 dan ini nim saya c0601020 fakultas sastra dan senirupa uns

Terima kasih atas komentarnya.

Mengenai wajah manusia di jadikan sebagai motif ornamen atau ragam hias tentu saja ada, anda bisa mencarinya pada seni arsitektur barat. Pada zaman Yunani atau Romawi juga bisa anda cari pada zaman Rococo dan Barok. Kalo di Indonesia anda bisa melihat pada bangunan-bangunan candi. Anda tahu kan Kala yang biasanya terdapat pada pintu masuk candi selalu ada hiasan itu, walaupun kala berupa muka raksasa itu bisa anda pakai sebai bahan acuan.

Semoga bermanfaat 

wah..membantu banget!!

makasih lo pak

Saya lg menulis tentang pembuatan mebel dari lontar, cuma sy kesulitan mendefenisikan apa itu mebel. Bs dibantu ? tx

Terima kasih atas komentar anda.

Kata furniture ( bahasa Inggris ) diterjemahkan menjadi mebel, istilah mebel digunakan karena sifat bergeraknya atau mobile-nya sebagai benda atau barang lepas di dalam interior arsitektur.

Secara umum furniture/mebel dapat diartikan sebagai benda pakai yang dapat dipindahkan, merupakan benda untuk keperluan orang yang berada di dalam rumah, ruang perkantoran, dll yang dapat dipindah-pindah dari satu tempat ke ruang lain, seperti meja, kursi, almari dan sebagainya.

Furniture apabila ditinjau dari segi fungsi, merupakan benda fungsional yang secara fisik mendukung aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari misalnya bekerja, belajar, beristirahat dan sebagainya. Sedangkan dari segi fisik adalah benda yang menyesuaikan dengan lingkungan atau ruang yang membatasinya ( arsitektur ). Jadi furnitur merupakan unsur yang berkaitan erat antara aktivitas manusia dan arsitektur.

 

Ada pembedan antara ragam hias, ornamen, motif hias, dll, yang intinya "katanya" sama. Saya tidak begitu mempermasalahkan apapun itu, hanya saja, ada pertanyan mendasar yang selalu bikin gusar otak saya. Gimana sich perbedaan mendasar dan bilamana istilah ornament, ragam hias, dll digunakan?Adakh perbedan yang mendasar dari kesemuanya, jika tiada mengapa ada perbedaan pengungkapn?thanx's

panggil saja huda, saya mau cari tau tentang ornamen bentuk segitiga untuk melengkapi diskripsisaya untuk tugas akhir di ISI surakarta

tugaz dr sklh...

apa arti seni bangunan?

saya dpt tgs dari skla .saya di srh buat makalah tentang fungsi seni dekorasi.

apa fungsi seni dekor?;apa fungsi seni dekor pada 3 zaman 9primitif,klasik,n modern)?Thx....

PAK,  APa sih yang membedakan ornamen tradisional dengan Modern. apaKAh RAgam hias MotiF GeoMetrik itu Termasuk RAgam HIas MOdeRn pAk..... Tlong dijelaskan Ya pak .TNX

PENGERTIAN SENI MENURUT PARA AHLI, TOKOH, PARTISI SENI, MUSISI DLL.

MOHON BANTUANNYA YA PAK...

KALAU BISA YANG SINGKAT AJA...

THANKS B4

Mr yg baik hati & very expert in art, please kasih tulisan tentang "penerapan kriya tekstil sbg interior/soft furnitur" buat memperlengkap tugas makalahku

tengkyu buanget...

mkasih buat bahasan ornamennya

lumayan dpt ngebantu referensi tgs kuliah

Yahh...untuk artikel tentang tekstil menyusul...

tolong dong kalo kasih komentar kasih tahu identitasnya....biar tambah afdo

l{#glitter.gif}

http://www.kamsled.com it is a high-tech corporation specializing in high power LED lighting. Our products mainly include: led panel light,led tube,led light,led strip,led panel,led bulb light,led downlights,led strip light,led bulb,led bulbs,led lights

Post A Comment

This user has disabled anonymous commenting.